Posted by : The News Project Minggu, 28 Desember 2014

Kembali lagi bersama kami BK SMK YPM 4 TAMAN, dimana kali ini kami akan memberikan artikel yang bermanfaat untuk anda semua, yang memang membutuhkan artikel menarik dan dapat memotivasi untuk kita semua, nah kebetulan artikel kali ini mengenai cara membuat pelajaran matematika luluh disuka anak.



Memangf sebagian besar orang menjadikan pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membosankan, dan tidak disukai , sebab banyak sekali rumus dan berhitung yang mana mereka menganggap kalau otak mereka tidak sampai untuk memikirkan itu, bahkan menghitung rumus tersebut,

Nah sekarang ini kami memiliki cara membuat pelajaran matematikan jadi disukai anak, dan anda sendiri mungkin :

Bagaimana agar anak suka dengan matematika? Mengingat matematika adalah salah satu pelajaran utama di setiap jenjang pendidikan. Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan agar anak menjadi senang dengan matematika.
1.           Ajarkan Matematika dengan Menyenangkan.
Belajar matematika tidak selalu harus di dalam ruangan. Ganti suasana belajar, misalnya di luar kelas sehingga anak menjadi tidak bosan belajar dengan duduk di kursi dan di dalam kelas. Tambahkan permainan – permainan yang menarik, terutama saat anak mulai kelihatan bosan. 
Melalui permainan yang menyenangkan ini anak menjadi fresh kembali, setelah itu anak siap untuk belajar kembali. Buat poster dengan warna – warni yang menarik kemudian temple di dinding kamar atau kelas, sehingga anak senang untuk melihat symbol atau rumus – rumus matematika. Poster yang menarik menjadikan anak secara tidak langsung anak belajar dan menghafal rumus matematika.
Selain itu, orangtua dan guru hendaknya selalu berkoordinasi mengenai perkembangan belajar anak, sehingga terjadi saling support antara guru dan orangtua.
2.          Tunjukkan Manfaat Belajar Matematika
Kita akan termotivasi melakukan sesuatu manakala kita mengetahui besarnya manfaat dari apa yang akan kita kerjakan tersebut. Begitupula anak – anak, tunjukkan manfaat belajar matematika bagi kehidupan mereka saat ini. Semakin jelas manfaat yang bisa kita tunjukkan kepada anak, anak akan semakin termotivasi untuk belajar.
Misalnya, saat anak belajar berhitung. Gunakan benda nyata yang ada di sekitar anak. Kemudian tunjukkan cara mengerjakannya. Setelah itu, sampaikan kepada anak, “nah, mudahkan belajar matematika?, sekarang kita bisa berhitung”.
Matematika bukan lagi pelajaran yang sulit dan membosankan bagi anak tetapi matematika merupakan pelajaran yang seru dan menantang bagi anak.
3.           Gunakan Alat Peraga atau Media
Gunakan alat peraga saat mendampingi anak belajar matematika. Anak belum bisa belajar secara abstrak. Jadi alat peraga berfungsi untuk mengurangi keabstrakan pelajaran yang sedang dipelajari anak.
4.           Tanamkan Kepercayaan Diri pada Anak
Anak yang dibesarkan oleh lingkungan yang baik akan tumbuh menjadi anak yang baik pula. Oleh karena itu, orangtua dan guru harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan nyaman bagi anak, sheingga anak berani dan percaya diri untuk belajar. Anak yang percaya diri akan berani untuk bereksplorasi dalam mengerjakan setiap latihan yang kita berikan. Jangan marahi anak jika pekerjaan mereka salah, tetapi bimbing anak bagaimana yang benar.
5.          Motivasi Anak
Berikan dorongan kepada anak agar senang untuk belajar matematika. Dengan adanya dorongan dari orang terdekat, anak menjadi semangat untuk belajar. Mengenalkan penemu – penemu dalam bidang matematika juga bisa kita lakukan untuk lebih memotivasi anak agar lebih semangat dalam belajar matematika.
 
Nah semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk anda semua, maka dari itu nantikan terus edisi selanjutnya dari kami, Salam BK

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

INFORMASI TERBARU SKY 4 TAMAN

Coretan Populer

- Copyright © SMK YPM 4 TAMAN -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -