Posted by : The News Project Minggu, 28 Desember 2014

Kembali lagi bersama kami di Bk SMK YPM 4 Taman, dimana kali ini kami akan memberikan artikel yang cukup menarik dan mungkin akan berguna untuk anda para orang tua, yang memiliki anak yang bila belajar cenderung malas dan paling suka jika terus bermain.


Nah kemalasan anak ini memang perlu ditanggulangi sejak dini, agar pada saat sudah cukup umur, anak tidak lagi malas, na untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di bawah ini :

Berikut beberapa tips agar anak menjadi senang dengan membaca:
1.    Jadi teladan bagi mereka
Ibarat kata pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Artinya, sikap dan perilaku anak tidak akan jauh dari sikap dan perilaku orangtuanya. Jika kita menginginkan anak – anak gemar membaca maka kita juga harus gemar membaca.
Tunjukkan kepada anak – anak dengan membaca buku di depan mereka. Anak melihat kebiasaan kita kemudian mereka akan menirunya. Gunakan waktu luang untuk membaca di depan anak – anak, sesekali baca buku anak dan ajak mereka baca bersama. Kita bisa membacakan bukunya dan anak – anak mendengarkannya.
2.    Beri hadiah buku
Jika sebelumnya kita biasa membelikan atau memberi hadiah kepada anak berupa mainan atau lainnya, mulai sekarang ganti pemberian kita kepada anak berupa buku. Beritahukan manfaat dari buku yang kita berikan kepada anak, sehingga anak menjadi bersemangat untuk membacanya.
3.    Beri tahu manfaat membaca
Semua orang tentu semangat melakukan sesuatu manakala ia mengetahui manfaat bagi dirinya. Semakin besar manfaat yang ia peroleh semakin semangat pula ia melakukannya. Begitupun dengan anak, beri tahu manfaat membaca sehingga anak menjadi lebih bersemangat dan lebih senang dengan membaca.
Misalnya jika anak rajin membaca buku pelajaran, maka ia akan dapat menjawab pertanyaan dari bapak/ibu gurunya di sekolah sehingga nilai sekolahnya menjadi tinggi. Dengan begitu, anak menjadi senang dan rajin belajar.
4.    Buatkan perpustakaan mini
Buatkan perpustakaan mini di kamar anak, isi dengan buku – buku yang mereka sukai. Misalnya buku

bacaan, komik, ensiklopedia, cerita, dan lainnya. Dengan begitu anak terbiasa melihat buku dalam

kesehariannya sehingga lambat laun anak akan mengambil salah satu dari buku tersebut.

Nah semoga rtikel yang kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda semua. Salam BK

Sumber : http://www.solikhan.com/2014/12/trik-jitu-agar-anak-senang-membaca.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

INFORMASI TERBARU SKY 4 TAMAN

Coretan Populer

- Copyright © SMK YPM 4 TAMAN -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -